Pages

Cara Membuat Sambal Balado Nikmat


Cara Membuat Sambal Balado Nikmat

Berkunjung ke rumah makan padang, lidah kita akan disuguhi kuliner dengan signatur bumbu yang kuat. Memang siih masakan Padang dikenal berani menggunakan rempah-rempah, karena itu wajarlah jika masakannya memiliki cita rasa yang kuat dan lezat. Jika Anda penggemar makanan padang sejati, tentunya sudah sangat  familiar dengan ayam pop, gulai kepala ikan, sambal ijo, rendang balado dan masih banyak lagi lainnya. Bagaimana kalau dengan sambal balado?????? Iya, selain sambal ijo yang khas, rumah makan padang juga sering menghidangkan sambal balado yang nikmat Anda santap bersama lauk-pauk dan nasi dong. Berbeda dengan sambai ijo, si sambal balado ini didominasi rasa gurih, pedas dan juga manis. Hal ini yang menjadikan si sambal digemari banyak orang. Tertarik mencoba? Berikut kami sajikan cara membuat sambal balado khas padang. Selamat menyimak.

Bahan - bahan yang diperlukan untuk membuat sambal balado :
·        10 biji Cabe merah,  cuci bersih dan iris tipis-tipis.
·        5 biji Cabe rawit.
·        5 siung Bawang merah, cuci bersih dan kemudian memarkan.
·        Tomat merah segar ukuran sedang. Cuci bersih lalu potong kecil-kecil.
·        2 lembar daun jeruk. Cuci bersih dan buang bagian tulangnya.
·        Tambahkan merica bubuk, garam , gula pasir dan penyedap rasa secukupnya.
·        6 sendok makan air kaldu (ayam atau sapi).
·        Minyak sayur untuk menggoreng, secukupnya.
Cara membuat sambal balado yang lezat :
Setelah semua bahan-bahan yang dibutuhkan siap, saatnya kita memulai proses peracikan. Untuk cara membuat sambal balado, sebagai berikut:
1.   Siapkan ulekan dan haluskan cabe rawit merah, bawang merah, cabai merah, tomat merah, merica bubuk, garam dan gula pasir secukupnya. Tumbuk kasar, jangan terlalu halus.
2.   Selanjutnya, siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api sedang di atasnya. Setelah siap, masukkan semua bumbu yang ditumbuk kasar tadi. Tumis hingga bumbu-bumbu tersebut mengeluarkan bau harum.
3.   Setelah itu, kocoklah air kaldu sebentar dengan sendok kemudian dituang masuk ke dalam bumbu yang sedang ditumis di wajan. Aduk hingga bahan-bahan tersebut menyatu sempurna dengan kaldu dan meresap dengan sempurna.
4.   Selanjutnya, masukkanlah daun jeruk yang telah dibuang bagian tulang daunnya. Masak hingga daun tersebut terlihat layu.
Angkat dan siap disajikan. Selamat mencoba!!!!!!!!!!

Bumbu balado terong super pedas


Resep.masuntung.info – halo sahabat, sudah mencoba resep apa saja nih?? Kali ini saya akan membagikan resep balado terung balado yang super pedas. Siapa yang tidak suka sama terong???
Pastinya suka kan apalagi buat perempuan lihat terong langsung nafsu makanya meningkat. Apalagi terongnya dimasak balado pedas. Langsung aja deh simak resepnya, dan bisa dipraktekan dirumah.

Bahan :  
·        4 buah terong bisa hijau / ungu
·        400 ml santan
·        3 sdm minyak goreng (untuk menumis )
Bumbu :
·        5 buah cabe merah keriting
·        5 buah cabe rawit
·        4 siung bawang merah
·        4 siung bawang putih
·        4 butir kemiri
·        3 cm kencur
·        5 cm lengkuas (memarkan)
·        5 lembar daun jeruk
·        1 1/2 sdt garam
·        100 gr gula merah
·        1/2 sdt penyedap rasa bila suka
Pelengkap :
·        Nasi putih
·        Tempe goreng
·        Krupuk
Cara membuat  balado terong bakar :
1.   Bakar terong sampai matang dan kulit sedikit hangus angkat lalu buang kulitnya setelah itu suwir-suwir terong,sisihkan.
2.   Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk dan lengkuas lalu tumis bumbu sampai harum lalu tuang dengan separo santan masak sampai mendidih. Masukkan terong, sisa santan,garam,gula dan penyedap rasa bila suka lalu aduk-aduk.
3.   Masak dengan api sedang  kurang lebih 15 menit sampai santan mengental dan tinggal sedikit lalu angkat dan sajikan hangat dengan pelengkap.Untuk 4-5 orang.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Sambal Balado Nikmat"

Post a Comment