Pages

Cara Membuat Sale Pisang Basah


Cara Membuat Sale Pisang Basah


Cara Membuat Sale Pisang Basah – resep.masuntung.info halo sahabat, buat anda yang suka ngemil makanan manis manis tentu mengenal selai pisang. Makanan enak nan manis ini sangat mudah untuk ditemui sebagai oleh oleh khas suatu daerah, atau sering kita temui sebagai sajian tamu kalau kita berkunjung ke sanak saudara. Selai makanan yang terbuat dari bahan dasar pisang, yang sudah matang dan sangat mudah cara pembuatanya.  Yang pertama kita akan membuat selai pisang basah, nanti juga akan membuat selai pisang krispi. Langsung saja siapkan bahan bahan yang dibutuhkan dan bisa dibuat dirumah ya sahabat.

Bahan-Bahan Membuat Sale Pisang:
  • ·        Pisang Ambon sebanyak 20 buah.
  • ·        Tepung Beras sebanyak 200 gr.
  • ·        Tepung Sagu sebanyak 100 gr.
  • ·        Vanili Bubuk sebanyak ½ sdt.
  • ·        Air sebanyak 400 ml.
  • ·        Air Kapur Sirih secukupnya.
  • ·        Gula Pasir sebanyak 6 sdm.

Cara Membuat Sale Pisang:

1.   Kupas semua pisang kemudian irislah Pisang tipis-tipis dan memanjang ke samping hingga habis. Kemudian keringkan Pisang yang sudah diiris tadi dengan cara menjemur Pisang di bawah terik matahari hingga kadar airnya berkurang.
2.   Setelah Pisang cukup kering, angkat, lalu goreng di atas minyak panas dengan api sedang sampai Pisang berubah warna menjadi coklat keemasan. Tiriskan.
3.   Campurlah bahan-bahan berikut dalam satu wadah; Tepung Beras, Tepung Sagu, Vanilli Bubuk, Air, Air Kapur Sirih dan Gula Pasir. Aduk hingga rata
4.   Masukkan Pisang yang sudah digoreng ke dalam wadah berisi adonan.
5.   Goreng Pisang hingga berubah warna. Jika sudah tiriskan. Sale Pisang siap dinikmati untuk keluarga atau sahabat.
Nah, cukup mudah bukan cara pembuatannya? Sale Pisang sangat cocok untuk dinikmati saat santai ditemani teh atau kopi. Aapakah anda tertarik untuk membuat Sale Pisang? Semoga cara membuat Sale Pisang Basah ini dapat membantu anda sajikan juga bersama teh hangat atau secangkir kopi.


Cara membuat kripik sale pisang

Cara membuat kripik sale pisang – resep.masuntung.info  Setahu saya camilan yang satu ini banyak di produksi di daerah jawa timur yang dimana disana banyak sekali tanaman pisang dan pastinya buahnyapun berlimpah. Nah supaya pisang dapat bertahan lama maka masyarakat disana mengolah pisang menjadi camilan yang harganya pun tetap sama seperti sebelum diolah mungkin malah lebih menguntungkan. karena pisang kalu sudah matang paling lama bisa bertahan 3-4 hari saja stelah itu pasti busuk tapi kalau sudah diolah akan dapat bertahan sampai kurang lebih 30 hari. Bisa juga untuk dijual menambah nilai jual pisang.
Pastinya teman-teman sudah tidak sabar apasih namanya camilan yang satu ini. Namanya adalah sale pisang dan sekarang saya mau bagi -bagi resepnya biar teman-teman bila punya buah pisang yang berlebih bisa dibuat menjadi sale.

Bahan bahan:

·        pisang tanduk / ambon 2 sisir
·        tepung terigu 500 gr
·        gula pasir 250 gr
·        vanili bubuk 1 sdt
·        minyak goreng 1000 ml (untuk menggoreng)
·        400 ml air putih
Cara membuat :
1.   Kupas pisang buang kulinya lalu iris tipis-tipis dan jemur sampai kering kecoklatan kurang lebih sehari kalau cuacanya mendukung.
2.   Campur tepung terigu dengan gula pasir,vanili bubuk dan tuangi air sedkit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai rata dan adonan sedikit encer.
3.   Masukkan pisang yang sudah kering kedalam adonan lumuri sampai rata dan goreng dalam minyak panas dengan api besar sampai sale matang merata dan berwarna kecoklatan lalu angkat tiriskan diatas piring yang dilambari dengan kertas tisue supaya minyak terserap dan sale benar-benar kering.
4.   Simpan sale dalam toples atau plastik yang kedap udara untuk menjaga agar sale tetap renyah dan tahan lama untuk sajian tamu

Terimakasih telah berkunjung ke web ini tips membuat sale pisang. semoga bisa bermanfaat dan mengispirasi kawan kawan... bila dirasa bermanfaat sebarkan ke sahabat  ya....


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Sale Pisang Basah"

Post a Comment